APA YANG MENARIK DI KAWASAN AFRIKA?



Benua afrika sebagai salah satu kawasan dengan potensi sumber daya alam yang melimpah rupanya berbanding lurus dengan jumlah konflik terbuka yang juga melimpah. Kita semua mungkin tahu cadangan minyak Nigeria yang berlimpah tetapi hasilnya justru tidak sama sekali membuat kesejahteraan bagi penduduk Nigeria, yang terjadi justru perebutan untuk menguasai eksplorasi minyak tersebut, yang kemudiaan berkembang menjadi konflik yang berkepanjangan dan telah memakan korban yang begitu besar baik materil maupun non-materil. Hal yang sama terjadi pada negeri kaya berlian sierra leone, negeri yang mestinya kaya raya dan hidup sejahtera karena sumber daya alamnya yang melimpah justru harus bergelut dengan perang saudara selama puluhan tahun.

Ada begitu banyak masalah lain yang melingkupi benua afrika, mulai dari tingkat kemiskinan,standar kesehatan, masalah kelaparan, serta begitu banyak masalah politik, social maupun ekonomi yang ketika melihatnya dipermukaannya saja, kita bahkan mungkin bakalan berfikirafrika merupakan benua yang belum layak ditempati untuk hidup. . Tentunya agak sulit untuk menarik satu kesimpulan umum tentang penyebab masalah dan solusi bagi masalah tersebut, belum lagi ketika mengkaitkannya dengan pihak-pihak asing yang terlibat dalam berbagai kasus di afrika.

Selain berkutat dengan konflik, Negara-negara dikawasan afrika juga telah membuat kerjasama regional, yang paling menonjol adalah pembentukan Uni Afrika. Organisasi ini diharapkan oleh Negara-negara di afrika dapat menjadi wadah yang dapat menyatukan Negara-negara di afrika sehingga dapat mencegah dan mereduksi konflik dan dapt menciptakan kemandirian bagi Negara-negara dibenua tersebut sehingga akhirnya perdamaian dan kesejahteraan dapat terwujud di afrika meskipun ketika melihat kondisi afrika secara riil akan sangat sulit tercapai.

Selain kedua hal diatas ada satu hal lagi yang menarik untuk dibahas yaitu mengenai hubungan antar Negara-negara di benua afrika dengan dunia luar. Sejarah membuktikan hubungan afrika dengan pihak asing telah terjadi sejak berabad-abad yang lalu, meskipun sejarah hubungannya dimasa lalu terkait dengan pengalaman buruk kolonialisme . saat ini hubungan pihak asing dengan pihak luar baik individu, negara, dan kelompok/organisasi internasional mengalami dinamika yang cukup menarik untuk dibahas. Mulai dari masalah eksploitasi sumber daya alam sampai kerjasama pengelolaannya, begitu juga dari masalah intervensi politik sampai dengan intervensi kemanusian.

Ketika ditanya hal-hal apasaja yang mungkin menarik untuk dibahas dan di analisis di kawasan afrika, maka ketiga hal diataslah yang menjadi jawaban saya.

Bagaimana menurut anda?

1 komentar:

sandaljpit mengatakan...

GAGAAHHHH.....

tapi knapa na tugas kuliahji yg di posting???

cobalah menulis yg asyik,coy....

Posting Komentar

Back to Top