0

Kronologis Hubungan RRC - AS




Bulan Februari tahun 1972, Presiden Amerika Serikat ketika itu, Richard Nixon berkunjung ke Tiongkok. Tiongkok dan Amerika mengeluarkan Komunike Bersama Tiongkok-Amerika (Komunike Shanghai), itu menandakan keadaan saling memisahkan antara Tiongkok dan Amerika selama lebih 20 tahun telah berakhir. Tanggal 16 Desember tahun 1978, Tiongkok dan Amerika mengeluarkan Komunike Bersama Tiongkok-Amerika Mengenai Penggalangan Hubungan Diplomatik. Tanggal 1 Januari tahun 1979, kedua negara secara resmi menggalangkan hubungan diplomatik tingkat duta besar. Tanggal 17 Agustus tahun 1982, Tiongkok dan Amerika mengeluarkan Komunite 17 Agustus, yang menetapkan penyelesaian secara bertahap sampai penyelesaian definitif penjualan senjata kepada Taiwan oleh Amerika.

Bulan Januari tahun 1984, Perdana Menteri Tiongkok berkunjung ke Amerika, bulan April Presiden Amerika Ronald Reagen berkunjung ke Tiongkok. Bulan Juli tahun 1985, Presiden Tiongkok Li Xiannian berkunjung ke Amerika. Ini adalah kunjungan pertama pemimpin Tiongkok ke Amerika.

Sejak tanggal 25 Juni sampai tanggal 3 Juli tahun 1998, atas undangan Presiden Jiang Zemin, Presiden Amerika Bill Clinton mengadakan kunjungan kenegaraan terhadap Tiongkok. Presiden Jiang Zemin mengadakan pembicaraaan dengan Presiden Clinton, kedua pihak menyetujui bahwa Tiongkok dan Amerika meningkatkan lebih lanjut dialog dan kerja sama dalam masalah internasional penting; kedua pihak menyetujui terus berupaya bersama untuk mempercepat langkah menuju target pembinaan kemitraan strategis yang konstruktif Tiongkok-Amerika pada abad ke-21. Kedua pihak memutuskan, senjata nuklir strategis yang dikontrol masing-masing tidak boleh dibidikkan kepada sasaran pihak lain; kedua pihak menyetujui meningkatkan lebih lanjut dialog strategis di bidang ekonomi dan moneter, serta memberi sumbangan positif untuk mendorong perkembangan baik ekonomi dunia dan moneter internasional.

Tanggal 1 Januari tahun 1999, Presiden Jiang Zemin dan Presiden Bill Clinton saling mengirim kawat ucapan selamat berkenaan dengan genap 20 tahun digalangkannya hubungan diplomatik Tiongkok-Amerika. Sejak tanggal 6 sampai 14 April tahun itu juga, Perdana Menteri Tiongkok Zhu Rongji mengadakan kunjungan resmi terhadap Amerika. Ini adalah kunjungan pertama Perdana Menteri Tiongkok ke Amerika selama 15 tahun ini.

Tanggal 8 Mei tahun 1999, pukul 5:45 menit waktu Beijing, 5 rudal yang diluncurkan pasukan Nato dengan dipimpin Amerika telah mengerai Kedutaan Besar Tiongkok untuk Yugoslavia, dan mengakibatkan 3 wartawan Tiongkok tewas dan 20 staf Kedubes Tiongkok luka-luka, gedung kedutaan mengalami kerusakan serius. Rakyat Tiongkok merasa sangat marah atas tindakan biadab Amerika, sehingga hubungan Tiongkok-Amerika terpengaruh karena itu.

Tanggal 1 April tahun 2001, sebuah pesawat pengintai militer Amerika tipe EP-3 ketika mengadakan pengintaian di atas perairan 104 km di bagian tenggara Pulau Hainan, telah menabrak rusak sebuah pesawat pemburu pihak Tiongkok, dan menewaskan pilot pesawat itu. Tanggal 11 April tahun 2001, Menteri Luar Negeri Tiongkok ketika itu, Tang Jiaxuan menerima surat minta maaf yang diserahkan Utusan Khusus pemerintah Amerika, Duta Besar Amerika untuk Tiongkok Joseph Prueher mengenai penabrakan pesawat militer Tiongkok oleh pesawat pengintai militer Amerika.

Tahun 2002, perkembangan hubungan Tiongkok-Amerika mengalami sejumlah gangguan, tapi pada pokoknya memelihara kecenderungan perbaikan dan perkembangan.

Pada tahun 2008 , kondisi kedua negara sempat memanas akibat kasus Tibet tapi kemudiaan kedua negara melakukan upaya pembangunan hubungan bilateral, hal ini ditandai dengan kunjungan presiden dan perdana menteri RRC ke AS.

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top